Cara Membuat Drip Email Marketing Agar Pas Target & Contohnya

Lpmpbabel – Sekarang ini diera serba digital taktik marketing semakin berkembang dan banyak macamnya. Satu diantaranya ialah Drip Email Marketing, yakni taktik marketing yang sudah dilakukan dalam periode panjang dan sesuai agenda yang ditetapkan awalnya.

Salah satunya langkah untuk tingkatkan perubahan usaha Anda dengan manfaatkan e-mail pemasaran dan menggunakan ide Drip Email Pemasaran dan rupanya, drip pemasaran sebagai taktik yang dapat tingkatkan keuntungan sampai 20 kali lipat bila dilaksanakan secara benar.

Disamping itu kekuatan e-mail marketing bertepatan dengan support sosial media benar-benar memengaruhi dengan mudah dan cepat.

Nah, langkah efisien untuk lakukan promo lewat email dan aplikasinya memakai langkah Drip E-mail Marketing, secara lengkap akan kita ulas di bawah ini !.

Apakah itu Drip Email Marketing?

Cara Membuat Drip Email Marketing

Drip Email marketing merupakan siasat yang kerap dilaksanakan oleh beberapa direct marketing. Dengan taktik ini, marketing dilaksanakan biasanya memakai e-mail yang dikirimkan pada lead atau konsumen setia yang telah tercatat. Beberapa marketing harus mempersiapkan beragam bahan pemasaran yang dikirimkan pada beberapa orang itu dari hari ke hari. Maka dari itu, taktik ini disebutkan dengan drip atau tetes.

Email ini bisa dipersonalisasi bernama contact Anda, informasi perusahaan, dan ada banyak kembali. Simpelnya, drip marketing ialah bagaimana triknya memberikan orang info yang pas pada saat yang pas juga.

Pokoknya drip email marketing yaitu kelompok e-mail automatis yang keluar berdasar agenda atau berdasar perlakuan dari pemakai.

Kemungkinan satu e-mail akan dikirimkan selekasnya sesudah seorang mendaftarkan, atau akan dikirimkan tiga hari selanjutnya, atau di akhir minggu selanjutnya.

Email bisa bervariatif berdasar pemicunya, atau perlakuan yang sudah dilaksanakan konsumen setia, seperti mendaftarkan ke service Anda atau lakukan pembelian, tersebut penyebabnya kadang disebutkan behavioral e-mail.

Manfaat Drip Email Marketing

Teratur mengirimi kampanye email drip dapat menolong Anda mencapai dengan content yang pas untuk audience yang pas pada saat yang pas sekalian menghindar taktik satu untuk semuanya, perannya ialah diantaranya :

1. Masih tetap Tersambung

Bangun jalinan lewat kampanye e-mail drip supaya jaringan Anda terus aktif. Mengirimi rangkaian e-mail berdasar penyebab dan fragmen pemakai yang Anda tentukan untuk konsumen setia Anda memungkinkannya Anda untuk tingkatkan marketing drip untuk tersambung dengan audience Anda.

2. Irit Tenaga dan Waktu

E-mail automatis yang sudah dicatat awalnya yang bisa dikirimkan ke contact Anda di saat tertentu atau berdasar sikap tertentu membuat Anda bisa memusatkan waktu dan usaha pada pekerjaan yang lebih bernilai.

3. Memberikan inspirasi rasa ingin ketahui

Buat content e-mail yang diperkembangkan di contact Anda dan untuk mereka masih tetap berhubungan dengan merk Anda.

Hubungan mereka dengan jajak opini, survey, penawaran, dan kontes bisa dipakai untuk memacu semakin banyak e-mail drip dan membuat tertarik secara emosional pada produk atau service Anda.

4. Menarget Keinginan Konsumen

Tambahkan efektifitas kampanye email Anda secara pintar memakai data yang dihimpun Kampanyes dari contact Anda.

Mengetahui audience Anda dengan lebih bagus mendayagunakan Anda untuk sesuaikan dan mempersonalisasikan e-mail drip secara hasilkan semakin banyak keterkaitan.

Apakah yang dimaksud Kampanye Drip Email Marketing?

Manfaat Drip Email Marketing

Kampanye drip ialah pendekatan yang konstan dan metodis untuk marketing yang memiara prospect dengan pesan sepanjang waktu periode tertentu, sering sebagai tanggapan pada perlakuan yang mereka mengambil.

Pendekatan yang automatis tetapi disamakan ini melepaskan marketing untuk konsentrasi pada pekerjaan yang lebih bernilai, menjadikan alat terbaik dalam marketing e-mail sekarang ini.

Kampanye drip memungkinkannya untuk selalu terkait terus-terusan dengan prospect, jaga mereka masih tetap turut serta saat arahkan mereka lebih dekat ke merk Anda.

Apa Fungsi Drip Email Untuk Usaha?

Kampanye drip martketing/pemasaran direncanakan agar bisa mencapai dengan pesan yang sudah ditarget untuk seorang di saat yang akurat.

Email ini dibikin secara automatis misalnya saja pesan selamat tiba, perkataan selamat ulang tahun, dan pernyataan pesanan—email ini bisa bekerja untuk usaha Anda, sementara Anda dapat konsentrasi untuk kerjakan hal-hal lain.

Kampanye drip pemasaran secara automatis mempermudah Anda untuk tersambung sama orang yang pas di saat yang tepat—tanpa wajib melakukan tugas setiap waktu.

Dengan dipacu oleh tanggal atau perlakuan, ada beberapa contoh kampanye drip pemasaran yang bisa sukses untuk usaha Anda.

Drip e-mail ini bisa temani tiap konsumen setia prospektif lewat lajur pemasaran Anda.

Misalkan saja memberi penawaran sampai pemakai masukkan poin ke keranjang berbelanja sampai mereferensikan produk terkini punya Anda.

Langkah Mengatur Kampanye

1. Tentukan sasaran [/H4]

Sama seperti yang disebutkan awalnya, drip pemasaran harus dikirimkan ke orang yang pas di saat yang akurat. Nach, maka dari itu, langkah awal yang perlu ialah tentukan sasaran audience yang sesuai produk.

Kita tentu saja telah mempunyai daftar dari beberapa orang yang mendaftar emailnya. Namun, masih perlu dilaksanakan pembagian jadi beberapa sub sisi kembali supaya lebih pas target.

Anda harus tentukan pemicu atau tindakan yang memacu dikirimnya e-mail drip. Contoh pemicu ialah saat pemakai lakukan pembelian. Nach, drip e-mail yang dikirim ialah bukti pembayaran. Anda dapat melakukan sekreatif mungkin.

Drip pemasaran bisa juga dilaksanakan berdasar sikap tertentu. Misalkan, seorang pemakai telah lama tidak buka programmu.

Karena itu, e-mail dapat dikirim untuk membikin mereka terdorong dan buka program. Isi e-mail pasti berbeda bergantung pemicu atau sikap pemakai . Maka, pilih dengan arif.

2. Membuat Content yang Akan Dikirimkan

Bila data calon client telah terkumpul, dan sesudah ketahui prospek-prospek pemakai yang pantas dikirimkan e-mail drip marketing, karena itu cara setelah itu membuat isi e-mail yang hendak dikirim.

Anda harus tahu apa arah yang ingin diraih dengan e-mail itu dan desainlah isinya sangat menarik dengan copy yang tepat.

3. Targetkan kampanye-nya

Targetkan berapakah e-mail yang hendak dikirimkan bagaimana posisinya, samakan dengan pemicu, dan tetapkan langkah menghitung kesuksesan taktikmu.

Contoh Workflow Drip Email Marketing

Contoh Workflow Drip Email Marketing

Berikut cara yang bisa Anda pakai sebagai dasar untuk membuat Drip email Anda:

1. Analisis Sasaran Audience Anda

Drip pemasaran ialah mengenai merusak daftar konsumen setia Anda jadi subbagian, dan menarget info ke konsumen setia.

Maka sisi paling penting di sini yaitu tentukan penyebab dan group mana yang hendak dipakai untuk taktik drip pemasaran Anda.

Drip umumnya didasari pada salah satunya dari 2 tipe penyebab: perlakuan dan sisi tambahan dari info demografis pemakai.

Contoh Perlakuan

  • Pemakai abonemen buletin perusahaan Anda, dan Anda mengirim mereka e-mail selamat tiba lewat drip pemasaran Anda
  • Calon pemakai lakukan pembelian, dan Anda secara automatis mengirim mereka pertanda terima dengan info pengangkutan
  • Pemakai download versus eksperimen program Anda, dan Anda mengirim mereka rangkaian e-mail panduan sepanjang eksperimen itu, dan tawarkan beberapa tips dalam memaksimalkan program Anda

Contoh Demografis

  • Pemakai mendaftarkan ke service Anda satu minggu lalu, tapi belum kembali semenjak itu, jadi Anda mengirim mereka e-mail automatis bertanya apa mereka membutuhkan kontribusi
  • Calon pemakai mulai memakai program Anda, tapi stop di tengah-tengah proses, jadi Anda mengirim mereka e-mail yang tawarkan tutorial dan beberapa panduan yang lain
  • Sekitaran berlibur tahun kemarin, pemakai beli produk dari kelompok tertentu di toko Anda, jadi Anda mengirmkan mereka daftar poin baru dalam kelompok itu di awal Desember (plus code coupon)

2. Atur Pesan Anda

Saat ini Anda ketahui siapakah yang Anda bidik, Anda perlu membuat pesan yang menolong dan mengundang perhatian mereka.

Apa yang ingin pemakai kerjakan? Atau, apa yang ingin didalami pemakai anda?

Berdasar jawaban atas pertanyaan itu, catat text yang terang, dan menarik. Jaga watak yang anda bangun untuk merek anda, tapi yakinkan pesan anda terang.

3. Targetkan Taktik/Tekni Marketing

Selanjutnya Anda perlu cari tahu logistik drip pemasaran Anda, seperti jalur kerja dari contact pertama sampai pemasaran dan support.

Untuk menolong merencanakan, anda bisa ikuti cara berikut, memakai beberapa pertanyaan:

Seberapa banyak e-mail yang hendak anda kirim, kapan, dan bagaimana posisinya?

Misalkan saja anda cari konsumen setia baru atau menjaga pemakai yang telah ada, posisi dalam pengangkutan ialah peranan penting dalam kesuksesan tiap pemasaran.

Disamping itu pikirkan seberapa banyak info yang diperlukan sasaran pemakai Anda, kapan ia kemungkinan memerlukannya, dan kenapa.

Sesudah penyiapan usai, drip marketing mulai bisa dilaksanakan. Drip marketing/pemasaran dapat dikerjakan secara automatis memakai software khusus e-mail automation atau semacamnya.

Mempersiapkan posisi untuk kampanye drip email membutuhkan beberapa usaha dan rencana pada awal, tapi akan membuahkan hasil dalam periode panjang.

Memetakkan jalur untuk kampanye e-mail drip akan menolong menarget konsumen setia Anda dengan lebih bagus dan memungkinkannya Anda menyesuaikan selanjutnya, yang pada akhirannya tingkatkan pemasaran.

4. Memutuskan Arah Kampanye Supaya Pas Target

Sesudah Anda mengenali rangkaian contact yang Anda bidik, saat ini waktunya membuat gagasan untuk kampanye e-mail drip Anda.

Putuskan kapan email drip Anda akan keluar, apa yang telah ada didalamnya, dan langkah mengendalikannya akan memutuskan arah kampanye Anda.

5. Membuat Content Kampanye yang Unik

Waktunya hasilkan email yang unik sehingga menarik perhatian calon konsumen Anda.

Tambahkan efektifitas kampanye Anda dengan mendasarkan content Anda pada kebiasaan mereka yang menambah nuansa personalisasi dan terhitung CTA yang bisa dilakukan tindakan untuk pastikan pesan yang pas dikatakan ke konsumen setia Anda.

6. Mengawali Kampanye

Bila Anda telah memutuskan target, lalu buat gagasan untuk digerakkan, dan kampanye yang dibikin.

Disamping itu Anda harus siap untuk menuntaskan beragam hal dan memacu rangkaian email yang fokus pada dan menarget contact prospektif, mudah-mudahan menggantinya jadi konsumen setia.

7. Kerjakan Penilaian dan Adjustment

Drip pemasaran umumnya telah automatis, tetapi tak berarti Anda bisa biarkan jalan tanpa pemantauan.

Anda perlu menyempatkan beberapa waktu utuk meriset kembali mengenai fragmen anda, dan sesuaikan kembali sistem dan taktik berdasar hasil yang telah ada.

Bila jumlah click tidak sekitar yang di bidik, coba catat ulangi ajakan atau cepat terpasang anda.

bila Anda tidak penuhi sasaran tingkat alterasi dengan email penutupan pemasaran, coba memakai komunikasi yang lebih informatif dan menarik saat sebelum minta pemakai untuk lakukan pembelian. Kuncinya ialah Penilaian, samakan, ulang kembali.

Sesudah taktik dikerjakan, tentu saja penilaian dibutuhkan. Ukur metrik-metrik yang sudah ditetapkan dan simpulkan apa taktiknya sukses. Bila tidak, bermakna ada pembaruan yang penting dilaksanakan.

Sesudah rekonsilasi dikerjakan dan taktik drip dilaksanakan kembali, lakukan penilaian dan rekonsilasi ulangi bila perlu.

Kapan Waktu atur Kampanye Drip Email?

Ada beberapa keadaan di mana Anda bisa mengirimi e-mail drip, yang membuat marketing e-mail drip efisien dan punya pengaruh untuk usaha dengan semua ukuran.

Berikut ialah beberapa keadaan/waktu di mana drip email marketing dapat benar-benar bernilai:

1. Email untuk Merawat Prospek/Kesempatan

Kirim rangkaian e-mail ke Prospek atau contact yang belum mempunyai atau memakai produk/service Anda tapi siap karena itu.

Email itu akan ajak mereka, memberikan mereka deskripsi singkat mengenai produk/service yang diharap bisa mengganti mereka jadi konsumen setia.

2. Email Pembukaan/Opening

Pembukaan email sambutan ialah langkah terbaik untuk memberikan orang pengantar mengenai merk/produk Anda.

Anda bisa atur kampanye email drip yang automatis akan memacu e-mail sambutan sesudah perlakuan tertentu, seperti pembelian awalnya atau registrasi.

3. E-mail Tujuan Konsumen setia

Pemberitahuan email pembelajaran / tujuan ialah rangkaian email yang mendidik konsumen setia mengenai merk/produk Anda.

Membuat mereka terlatih sama siapa Anda dan apa yang Anda pasarkan menjadi langkah yang baik untuk menolong membuat konsumen setia yang setia.

4. Reminder Email

Orang kadang ragu saat pilih produk/merk dan bisa secara mudah teralihkan. Kampanye e-mail drip keterkaitan kembali bisa mengingati atau reminder mereka mengenai tersedianya produk yang masih ada di trolinya.

5. Pemberitahuan Email Ekstensi Berlangganan

Kirim email peringatan mengenai ekstensi berlangganan pada jeda yang sudah ditetapkan awalnya.

Ini bisa ditata hingga saat mereka perpanjang berlangganan, mereka akan terima email terima kasih, sementara bila mereka tidak perpanjang, mereka terus akan terima e-mail pengingat.

Jenis Drip Marketing

Menurut situs Crazy Egg dalam websitenya mengatakan jika ada banyak tipe drip pemasaran kampanye, yakni seperti berikut :

1. Top-of-mind Drip

Model drip marketing ini mempunyai tujuan untuk membikin lead lebih tertarik sama perusahaanmu.

Pada akhirannya, lead harus betul-betul pahami dan ingat brand-mu sampai capai tahapan pembelian paling akhir.

Akan lebih bagus bila kampanye ini dilaksanakan terus-terusan, terutamanya bila ada penawaran baru.

2. Educational Drip

Educational drip yakni memberi info mengenai produk yang Anda promokan hingga mereka dapat berminat untuk lakukan pembelian.

3. Re-engagement Drip

Bila ada cold lead yang tercatat antara prospect Anda, re-engagement drip bisa dilaksanakan.

Taktik ini mempunyai tujuan untuk membikin mereka jadi tertarik walau sudah lama tidak memperlihatkan hubungan atau pertanda ketertarikan beli.

4. Competitive Drip

Competitive drip ialah taktik marketing yang sudah dilakukan untuk berkompetisi dengan konsumen setia pesaingmu.

Pada taktik ini, Anda perlu tawarkan keuntungan memakai produkmu dan memberikan keyakinan mereka jika yang kamu pasarkan lebih bagus hingga mereka berminat untuk beralih abonemen.

5. Promotional Drip

Saat ada potongan harga atau harga khusus, pasti beberapa lead-mu harus ketahui. Karena itu, promotional drip dapat dilaksanakan.

Dengan promotional drip, lead dapat ketahui penawaran bagus yang ada dan lakukan pembelian.

6. Training Drip

Training drip umumnya diberi pada anggota baru untuk memberikan info mengenai bagaimana memakai sebuah produk.

Buat drip e-mail marketing yang simpel dan gampang dikenang khususnya saat anda akan menulis kembali content awalnya.

Selanjutnya, demikian email paling akhir terkirim dan konsumen setia ketahui produk anda, anda bisa membuat persetujuan untuk ajak jadi konsumen setia premium.

Mulai saat ini, kendalian penuh pada tangan Anda. Urus semua bujet perusahaan cukup dengan handphone Anda.

Sepakati atau tolak pengajuan reimbursement dan kontan advance kapan saja dimana saja. Awasi juga pemakaian bujet pegawai.

Itulah pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai Drip Email Marketing dari Cara membuat dan Contohnya, Semoga dapat Bermanfaat.

Lihat Juga Pembahasan Lainnya :